Dijamin Berhasil! 7 Cara Mengatasi Virus di Laptop
pixabay.com

Dijamin Berhasil! 7 Cara Mengatasi Virus di Laptop

Cara mengatasi virus di laptop bisa Anda lakukan melalui beberapa tahapan. Mungkin saat ini Anda merasa khawatir laptop terkena serangan virus dan tidak tahu cara mengatasinya. Sebenarnya ada beberapa langkah menghilangkan virus di laptop dengan aman. Laptop yang sering terhubung ke internet memang seringkali terkena serangan virus dan malware.

Terlebih, saat ini penyebaran virus bisa melalui berbagai cara yang mengecoh. Misalnya dari mengklik link sembarangan, mendownload aplikasi, iklan dari game dan lain sebagainya. Jika terus membiarkannya, justru bisa membahayakan perangkat yang Anda gunakan dan data-data yang ada di dalamnya. Namun tak perlu khawatir, hal tersebut bisa segera Anda atasi dengan mudah.

Dijamin Berhasil! 7 Cara Mengatasi Virus di Laptop
pixabay.com

Ketahui 7 Cara Mengatasi Virus di Laptop

Perangkat apapun memiliki potensi untuk terserang virus. Biasanya virus bisa masuk ke laptop melalui file-file unduhan dari browser. Untuk itu, Anda perlu selalu berhati-hati saat berselancar di internet. Berikut ini adalah cara mengatasi virus yang menyerang laptop untuk Anda lakukan.

Install Software Anti Virus

Cara mengatasi virus di laptop yang pertama adalah dengan menginstal software anti virus. Saat ini terdapat banyak software anti virus yang bisa digunakan dan unduh sehingga laptop aman dari serangan  virus. Anda bisa memilih beberapa aplikasi seperti McAfee, Avira, Smadav, dan lain sebagainya untuk menghilangkan virus. Bahkan, jika Anda menggunakan Windows 10 ke atas, maka tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk cara mengatasinya. Pasalnya, Windows sudah memiliki Windows Defender untuk mencegah laptop terkena serangan virus.

Putuskan Koneksi Internet

Selanjutnya, jika laptop Anda masih terhubung dengan internet, akan lebih baik segera putuskan koneksi internet saat curiga virus mulai menyerang. Tujuannya agar terhindar dari transmisi data laptop Anda ke pihak lain melalui internet. Selain itu, koneksi internet yang seringkali menjadi jalan masuk virus.

Masuk ke Safe Mode

Cara mengatasi virus di laptop selanjutnya dengan masuk ke menu safe mode. Hal ini dilakukan dalam bentuk antisipasi saat Anda akan membersihkan sistem dari virus. Berikut ini adalah langkah mudah masuk ke safe mode Windows.

  • Silahkan, restart laptop terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tekan F8 dan pilih Advanced boot options saat layar laptop hidup.
  • Setelah itu, klik pada opsi menu Safe Mode with Networking.
  • Langkah berikutnya, pilih tetap terputus dari internet dan selesai.

Hapus Temporary Files

Salah satu langkah paling mudah untuk mengatasi virus di laptop yakni dengan menghapus temporary files menggunakan Disk Clean Up. Biasanya beberapa virus lebih mudah`menyerang laptop saat sedang melakukan booting. Oleh karena itu, menghapus file sementara pada laptop bisa membantu mengatasinya. Berikut ini adalah langkah mudahnya.

  • Silahkah, lakukan klik Start.
  • Selanjutnya cari menu Temporary Files.
  • Kemudian, silahkan pilih Free up disk space by deleting unnecessary files.
  • Setelah itu, pilih Temporary Internet Files pada bagian Files to delete dan klik OK.
  • Berikutnya, Klik Delete Files dan Selesai.

Jalankan Pemindaian Virus

Cara mengatasi virus di laptop berikutnya yakni melakukan pemindaian virus. Setelah itu, Anda bisa tunggu beberapa waktu saat scanning sedang berlangsung. Setelah prosesnya selesai, software anti virus akan segera melakukan penghapusan virus yang ada di laptop Anda.

Menghapus Program Tak Dikenal

Menghapus program yang tak dikenal juga merupakan salah satu cara mengatasi virus di laptop. Jika sudah selesai melakukan pemindaian virus, Anda bisa menghapus program tidak dikenal. Pastikan cek kembali daftar program dan aplikasi yang terdapat di laptop dengan langkah sebagai berikut.

  • Silahkan, buka File Explorer.
  • Selanjutnya, Klik ‘This PC’ dan pilih ‘Computer’.
  • Kemudian, Klik ‘Uninstall or change a program’.
  • Setelah itu, lakukan pengecekan terhadap program-program yang ada, jika tampak ada yang mencurigakan segera hapus program yang tidak dikenal. Hal ini agar bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Reboot Laptop

Setelah menjalankan software anti virus dan membersihkannya, kini Anda perlu me-reboot laptop agar virus bisa hilang. Pada tahapan ini Anda tidak perlu menggunakan fitur safe mode lagi, namun melakukan reboot pada perangkat laptop yang digunakan. Pastikan terlebih dahulu virus yang terdapat di laptop sudah benar-benar bersih. Caranya adalah dengan melakukan scan virus secara berulang terhadap software anti virus pada laptop Anda.

Beberapa cara mengatasi virus di laptop yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Pada zaman serba digital saat ini, memang banyak perkembangan yang terjadi, baik di dunia teknologi dan internet. Untuk itu, Anda sebagai pengguna aktif, akan lebih baik berhati-hati jika melakukan banyak aktivitas di internet.