Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi
jmtech.id

10 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi, Perlu Coba!

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi bisa melalui beberapa tahapan. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengaktifkan beberapa fitur tertentu. Pada era modern seperti sekarang, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan penting untuk dipenuhi. Untuk mendapatkan jaringan internet yang bagus, maka perlu menggunakan WiFi.

Baca Juga : 5 Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama Paling Mudah

Sebagian tempat yang menggunakan WiFi didukung dengan kecepatan internet yang berbeda dan ada juga yang menggunakan password. Jika sudah memiliki password WiFi namun tidak berhasil terhubung dengan jaringan tersebut, kemungkinan terjadi kesalahan pada laptop atau WiFi tersebut.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi
Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi

Simak 10 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi

Laptop yang tidak bisa terhubung dengan WiFi hanya akan menghambat produktivitas. Apalagi jika bekerja dengan ponsel, memang tidak senyaman menggunakan laptop. Oleh karena itu, pastikan tidak membiarkan masalah ini berlarut-larut tanpa ada penyelesaian. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi untuk Anda coba.

1. Restart Laptop

Restart Laptop

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencoba me-restart laptop Anda. Opsi restart laptop ini terbilang sederhana, namun perlu coba untuk mengetahui hasilnya. Kemungkinan masalahnya terdapat pada service sistem yang berkaitan dengan Wireless Network, sehingga tidak berjalan dengan baik.

2. Pastikan Jaringan Wi-Fi Bisa Digunakan

Selain restart, cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi lainnya dengan memastikan bahwa jaringan WiFi yang dipilih bisa digunakan. Hal ini penting dilakukan jika menggunakan jaringan WiFi publik.

Anda perlu menanyakannya kepada pemilik atau orang yang menggunakan jaringan WiFi yang sama. Jika orang lain mengalami masalah serupa, artinya jaringan WiFi tersebut memang sedang mengalami masalah. Masalah tersebut bisa berasal dari provider yang sedang mengalami pemadaman (outages) atau masalah pada router WiFi.

Namun jika orang lain tidak mengalami kendala, kemungkinan besar laptop Anda yang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai dengan melakukan pengecekan terhadap semua fitur, program, dan driver yang berkaitan dengan jaringan (networking).

3. Mengatur Ulang Jaringan Internet

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi selanjutnya bisa dengan mengatur ulang jaringan internet. Penyebab laptop tidak bisa connect WiFi, salah satunya dari pengaturan jaringan internet yang tidak sesuai atau kurang tepat. Untuk mengatasinya, maka perlu mengubah pengaturan WiFi dari manual ke otomatis. Berikut ini cara mengatur ulang jaringan internet Wifi.

  • Langkah pertama, Klik kanan pada ikon Network pada pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya pilih open network and internet settings.
  • Kemudian tunggu hingga jendela Network and Internet Settings muncul, laku Klik Change adapter option.
  • Setelah itu, pilih adapter WiFi dan klik kanan.
  • Berikutnya, masuk ke menu Properties. Pada menu Networking, perlu klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan pilih Properties.
  • Kemudian Klik Obtain and IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically untuk mengetahui IP dan DNS otomatis.

4. Cek Pengaturan SSID di Laptop

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi selanjutnya, Anda bisa cek pengaturan SSID di laptop terlebih dahulu. Kemungkinan Anda salah mengaturnya sehingga sistem tidak bisa terhubung dengan jaringan WiFi tersebut. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.

  • Langkah pertama klik tombol windows, lalu pilih settings serta network & internet.
  • Selanjutnya pilih menu Change Adapter Setting.
  • Kemudian cari menu Wireless Connection, lalu klik kanan dan pilih Properties.
  • Pada tab Networking, maka klik Internet Protocol Version 4.
  • Setelah itu, cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi klik opsi Obtain IP Address Automatically dan Obtain DNS Server Address Automatically, lalu tekan tombol OK.

5. Mereset Koneksi Melalui Command Prompt

Mereset koneksi melalui command prompt menjadi cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi lainnya. WiFi yang tidak bisa connect ke laptop terkadang terjadi akibat banyaknya cache data WiFi. Hal ini turut mengganggu penerimaan sinyal dan kesulitan untuk terhubung ke laptop. Untuk itu, ketahui langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, buka Command Prompt dengan tekan tombol kombinasi Windows+R.
  • Selanjutnya akan muncul tab baru, lalu ketik CMD pada opsi open.
  • Kemudian masuk ke Command Prompt, lalu masukkan perintah netsh winsock reset catalog dan tekan Enter.
  • Berikutnya, cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi Anda perlu masukkan perintah netsh int ipv4 reset reset.log, lalu Enter.
  • Setelah itu, restart laptop Anda.

6. Mengubah Saluran WiFi

Biasanya saluran pada WiFi memiliki pengaturan bawaan atau default tanpa harus diubah-ubah. Jika WiFi bermasalah, maka perlu ubah pengaturan saluran WiFi tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasinya.

  • Pertama, klik kanan pada menu Start.
  • Selanjutnya tab muncul, lalu pilih Device Manager.
  • Setelah itu, pilih menu Network Adapters.
  • Kemudian cari driver WiFi yang terinstall di laptop, lali klik kanan dan pilih Properties.
  • Langkah berikutnya, klik tab advance dan ganti value menjadi disabled.
  • Selanjutnya, restart laptop dan coba hubungkan koneksi ke jaringan WiFi yang tersedia.

7. Instal Ulang Driver WiFi

Instal ulang driver WiFi termasuk cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi berikutnya. Permasalahan yang menimbulkan laptop tidak bisa connect WiFi juga terdapat pada softwarenya, atau Driver WiFi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan instal ulang pada Driver WiFi di laptop. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi.

  • Pertama, pilih menu Start dan klik kanan.
  • Selanjutnya akan muncul tab baru, lalu pilih menu Device Manager.
  • Kemudian cari driver WiFi yang sudah terinstall di laptop dan cek pada bagian Network Adapters.
  • Setelah itu, klik kanan dan Uninstall driver.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu restart laptop Anda. Jika laptop menyala kembali, maka bisa install ulang driver WiFi.

8. Update Driver Adapter WiFi

Anda perlu memastikan driver Network Adapter sudah terinstall dan tidak terlihat tanda seru. Fungsi driver yakni untuk menghubungkan sistem dengan komponen hardware. Tanpa adanya driver, kemungkinan sistem tidak bisa mengenal hardware yang terpasang. Selain itu, update driver juga penting untuk menyesuaikan versi sistem saat ini yang terus berkembang.

9. Restart Modem atau Router

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi lainnya yakni merestart modem atau router. Cara ini terbilang cukup mudah karena bisa menyegarkan kembali modem tersebut. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan restart modem jika koneksi internet mati, lalu hidup kembali tiba-tiba.

10. Membeli Modem Baru

Jika telah melakukan banyak cara untuk memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect, namun tidak berhasil, ada kemungkinan modem tersebut telah rusak. Hal ini bisa saja terjadi akibat masalah pada kabel maupun router yang dimiliki. Anda bisa coba untuk mengunjungi toko terdekat untuk mengetahui modem tersebut rusak atau tidak. Selain itu, juga bisa membeli modem atau router baru sebagai jalan keluarnya.

Laptop yang tidak sulit terhubung ke jaringan WiFi memang terasa menjengkelkan. Apalagi mengingat banyaknya kegiatan, tugas, dan pekerjaan menjadi terganggu. Namun dengan mencoba cara mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi tersebut, bisa membantu masalah WiFi pada laptop Anda terselesaikan dengan baik. Nantinya bisa Anda gunakan untuk mengakses internet kembali.