Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze Tanpa Pusing Itu Gini
flckr.com

6 Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze Tanpa Pusing

Cara mengatasi laptop ngefreeze tentunya harus Anda pahami agar lebih mudah untuk menggunakanya kembali. Kondisi ngefreeze merupakan kondisi laptop tidak menanggapi atau not responding. Ada beberapa bagian yang biasanya tidak bisa digunakan seperti cursor atau mouse yang tidak berfungsi.

Ketika Anda menggunakanya, atau hendak memindahkan pointer, namun tidak bisa digunakan untuk mengklik icon memulai perintah. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda ketika hendak menggunakan laptop tersebut.

Apalagi jika ada keperluan yang harus segera diselesaikan. Untuk mengatasinya Anda perlu mengetahui caranya. Nah kami akan memberikan cara untuk mengatasi laptop yang sering ngefreeze sehingga bisa digunakan lagi.

Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze Tanpa Pusing Itu Gini
flckr.com

Berikut Cara Mengatasi Masalah Laptop Ngefreeze 

Laptop kini memang banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengerjakan dokumen dan sebagainya. Laptop yang baru memang bisa digunakan dengan lancar dan baik sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisinya.

Namun bagaimana jika laptop yang Anda gunakan sudah tua, dan sering terjadi kendal didalamnya. Biasanya laptop yang sudah berusia lama akan rentan terserang berbagai masalah, salah satunya mudah ngefreeze.

Laptop dalam kondisi ini biasanya tidak bisa digunakan sementara. Karena layar akan tetap diam walau Anda menggerakan mouse atau touch skin. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya, kami akan memberikan cara mengatasi laptop ngefreeze yang mudah untuk Anda.

Tunggu Hingga Kembali Normal

Anda dapat mengamati dan tunggu sebentar ketika laptop Anda mulai ngefreeze.  Ngefreeze kali ini bisa saja terjadi karena cpu kehabisan ruangan sumber daya RAM. Biasanya program yang Anda jalankan terlalu banyak sehingga laptop atau komputer harus bekerja lebih ekstra.

Hal ini akan membuat seluruh sistem tidak responsive, sehingga Anda perlu menunggu 5-10 menit untuk solusi terbaiknya. System akan merespon kembali ketika menyelesaikan tugas aplikasi selesai. Windows akan memperbaiki sistemnya secara otomatis.

Tekan Ctrl+Alt+Del

Jika cara sebelumnya gagal maka Anda bisa menggunakan cara ini. Anda bisa menekan kombinasi keyboard Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Cara ini bisa memungkinkan para pengguna nya untuk menampilkan layar cad yang bisa digunakan pengguna untuk logout maupun mengakses task manager.

Anda bisa menggunakan opsi daya tersebut untuk melakukan restart, shut down, sleep, dan hibernate dari layar cda. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang ketika layar tiba-tiba tidak bisa digunakan seperti biasanya.

Pergi ke Task Manager

Untuk Anda yang ingin menggunakan cara mengatasi laptop ngefreeze selanjutnya dengan menggunakan task manager. Anda bisa menekan ctrl+shift+esc secara bersamaan. Cara ini merupakan yang paling terpintas untuk membuka task manager.

Jika memungkinkan maka task manager akan terbuka. Anda bisa menelusuri program yang menghabiskan sumber cpu dan ruang ram jadi berkurang. Anda bisa menghentikan program tersebut dengan mengklik kanan kemudian pilih “End Process” atau “End Task”.

Menekan Tombol Login Windows+Ctrl+Shift+B

Juika cara sebelumnya juga belum bisa digunakan maka Anda bisa menekan tombol login Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan. Tombol ini bisa digunakan untuk mengakses windows menyegarkan layar dengan melakukan restart kartu grafis.

Setelah menekan tersebut Anda bisa mendengar bunyi bip pendek dan layar komputer akan berkedip atau decuk sesat. Cara ini mungkin bisa digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi ketika laptop ngefreeze.

Tutup dan buka

Cara mengatasi laptop ngefreeze lainya dengan menutup dan membukanya, ini dikhususkan untuk laptop saja. Hal ini kadang bisa membantu ketika laptop terkena freeze di semua versi Windows.

Paksa

Jika cara sebelumnya juga masih belum bisa maka Anda dapat paksa dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Cara ini digunakan untuk mematikan laptop, jika sudah mati maka Anda hidupnya sendiri.

Dengan cara ini dapat dipastikan laptop bisa digunakan kembali tanpa ada hambatan freeze lagi. Namun jangan sering melakukan cara ini sebab akan mempengaruhi fungsi laptop itu sendiri.

Nah, beberapa cara mengatasi laptop ngefreeze tersebut bisa Anda lakukan jika laptop mengalami freeze. Cara ini juga bisa digunakan pada komputer, jadi jangan sampai lupa. Jika laptop dan komputer bisa digunakan dengan baik lagi sehingga keuntungan yang didapatkan juga jauh lebih baik.