Cara Mengatasi Laptop Blank Putih
istockphoto.com

Mudah Sekali Coba Berbagai Cara Mengatasi Laptop Blank Putih!

Cara mengatasi laptop blank putih terdapat banyak metode bisa pengguna lakukan dengan mudah dan cepat. Layar laptop akan secara otomatis nyala dan memberikan Anda informasi booting komputer dinyalakan. Akan tetapi, terkadang layar monitor akan mengalami masalah dan tidak memunculkan gambar apapun. Jadi otomatis layar pada laptop Anda tetap blank berwarna putih ataupun hitam.

Kondisi laptop seperti itu tentu ada akibat dan sebabnya. Salah satunya adalah kerusakan pada VGA laptop, layar laptop tertindih barang, layar laptop terbentur benda keras, bahkan display driver sedang bermasalah. Jika hal itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir, coba saja beberapa cara yang akan kami bahwa memulai artikel kali ini. Maka dari itu baca sampai selesai dan paham ya!

Cara Mengatasi Laptop Blank Putih
Cara Mengatasi Laptop Blank Putih

Inilah Cara Mengatasi Laptop Blank Putih Mudah Sekali!

Untuk cara mengatasi laptop blank putih pada layarnya pun sangatlah mudah hanya membutuhkan beberapa waktu saja. Laptop memang menjadi salah satu perangkat keras yang wajib dan harus orang miliki sekarang ini.

Tanpa adanya laptop, malah pekerjaan atau bahkan pelajaran tidak akan mudah terselesaikan. Ya, sebab laptop lebih lengkap jika Anda bandingkan dengan ponsel. Anda ketika menggunakan laptop bisa melakukan hal apa saja hanya dengan memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect Wifi, Perlu Coba!

Namun jika laptop semakin melakukan pengoperasian atau dijalankan oleh pengguna tanpa adanya istirahat tentu akan mengalami blank. Nah, kondisi inilah yang akan membuat panik dan khawatir. Maka dari itu, jika kondisi seperti ini Anda alami, langsung saja coba cara cepatnya.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi layar laptop blank putih ataupun hitam pada semua merek laptop:

1. Membersihkan RAM dengan Penghapus

Salah satu penyebab layar laptop Anda dalam kondisi blank yakni adanya gangguan pada RAM. Jika Anda bisa membongkar laptop, maka solusi ini bisa Anda coba. Cara mengatasi laptop blank putih cabutlah RAM dari dalam mesin laptop serta bersihkan setiap pin yang ada pada RAM dengan menggunakan sebuah penghapus.

Jika pengguna sudah yakin membersihkannya hingga bersih, bisa memasang kembali RAM pada laptop. Nyalakan laptop kembali dan periksalah apakah layar masih dalam kondisi balak. Bila layar sudah bisa muncul, maka kesalahan terjadi pada RAM kotor.

2. Menekan Tombol Power

Apabila layar laptop berwarna putih dan beberapa indikator lampu menyala, menekan tombol power selama 30 detik bisa menjadi cara kedua untuk mengatasi kondisi permasalahan itu.

Jadi dengan cara ini, Anda melakukan pengistirahatan laptop secara paksa. Diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit agar laptop kembali terang. Jika sudah Anda diamkan, Anda sendiri bisa mencolokkan laptop kembali ke listrik dan cobalah nyalakan. Untuk menyalakan kembali yakni menggunakan tombol power.

3. Tekan Tombol CTRL+ALT+DEL

Metode ketiga ini bisa Anda coba ketika layar laptop blank, tapi kondisi kursor masih dalam keadaan aktif. Untuk melakukan cara mengatasi laptop blank putih ketiga ini cukup mudah dan cepat tidak membutuhkan waktu lama.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan.
  2. Pilih task manager.
  3. Pada bagian Windows Explorer, klik kanan pada mouse dan pilih end task.
  4. Lalu jalankan kembali Windows Explore melalui fitur new tas, dengan cara pilih file menu task manager.
  5. Lalu pilih saja run new task.
  6. Nanti akan muncul pop up create new task.
  7. Pada tab buka, pilih saja explore.exe dan klik OK.

4. Lakukan Pemindaian SFC

Metode Cara mengatasi laptop blank putih kelima dalam mengatasi laptop layar sedang blank entah blank hitam atau putih bisa melakukan pemindaian SFC/. Tujuannya untuk mengetahui komponen apa yang menjadi pemicu masalah tersebut.

Bagi Anda yang bingung cara melakukannya, berikut ini langkahnya:

  1. Masuk saja ke Command Prompt, caraya dengan search “cmd” pada tombol taskbar.
  2. Klik kanan Aplikasi Command Prompt yang muncul, langsung saja pilih Run as administrator.
  3. Setelah jendela CMD muncul, langkah selanjutnya masukkan perintah sfc /scannow.
  4. Lalu Anda tekan Enter untuk melanjutkan.
  5. Selanjutnya komponen yang bermasalah akan diperbaiki oleh sistem dengan melakukan pemindaian.
  6. Setelah proses pemindaian selesai, lakukan restart pada laptop.
  7. Selesai.

Mudah sekali bukan cara mengatasi laptop blank putih dengan berbagai metode yang telah dijelaskan di atas tadi, kini giliran Anda mencobanya jika sedang mengalami kondisi itu.