Cara Mengatasi HP Mati Sendiri
pixabay.com

Ketahui 5 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri yang Mudah Dilakukan!

Cara mengatasi HP mati sendiri sangatlah penting untuk kamu ketahui. Pada saat ini HP bisa untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Berbagai aktivitas tersebut yaitu seperti bekerja, belajar, melakukan telepon, chatting dengan orang lain, bermain game, streaming video, dan masih banyak lagi.

Semua kegiatan tersebut pasti bisa lancar apabila adanya sebuah smartphone. Saat ini sudah tersebar berbagai merek HP yang memiliki kualitas dan spesifikasi terbaik. Hal ini bisa memungkinkan kamu memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri
pixabay.com

Inilah Cara Mengatasi HP Mati Sendiri yang Mudah

Banyak orang yang mengeluhkan jika HP tiba-tiba mati dengan sendirinya. Hal seperti itu pasti membuat para pengguna panik dan khawatir. Apalagi jika kamu membutuhkan smartphone tersebut dalam keadaan yang mendesak.

Smartphone yang tidak pengguna rawat dengan baik bisa menjadi cepat rusak bahkan mati sendiri. Selain itu, HP yang mati biasanya juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti pada perangkat keras, perangkat lunak, dan overheat. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan cara mengatasi HP mati sendiri seperti berikut ini:

1. Diamkan Beberapa Saat Terlebih Dahulu

Apabila HP mati sendiri dan dalam kondisi panas jangan panik. Sebaiknya diamkan smartphone beberapa saat terlebih dahulu. Overheat bisa mengakibatkan kerusakan hardware dan software pada HP bahkan bisa membuat mati. Sebaiknya diamkan terlebih dahulu sampai smartphone tidak panas lagi.

Biasanya suhu normal pada smartphone yaitu 40 derajat celcius. Setelah HP tersebut terasa tidak panas lagi cobalah untuk menghidupkannya.

2. Isi Daya Selama 30 Menit

Cara mengatasi HP mati sendiri selanjutnya yaitu kamu bisa mencoba isi daya selama 30 menit. HP yang mati sendiri bisa terjadi karena baterai yang kosong. Oleh karena itu dengan mengisi daya selama 30 menit bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk mengisi daya dengan benar ikuti langkah-langkah seperti berikut:

  1. Pastikan bahwa pengisi daya berfungsi dengan baik.
  2. Selanjutnya colokan HP ke pengisi daya dan tunggulah selama 30 menit.
  3. Kemudian jika sudah 30 menit coba untuk menghidupkan smartphone.
  4. Apabila smartphone berhasil hidup berarti masalah sudah teratasi, lalu lanjut isi daya sampai penuh.

3. Cek Lubang Pengisian Daya

Charging port yang rusak bisa menjadi penyebab HP rusak dan menjadi mati. Untuk memeriksa apakah smartphone mati karena rusaknya charging port bisa melakukan cara seperti berikut ini:

  1. Pastikan menggunakan pengisi daya asli dari bawaan HP.
  2. Selain itu pastikan kabel USB terpasang dengan benar dalam port.
  3. Sebelum mencolokkan kabel untuk isi daya, pastikan bahwa port bebas dari kotoran atau debu.
  4. Apabila ponsel tidak ada respon coba isi daya pada stop kontak lain.

4. Lakukan Restart

Cara mengatasi HP mati sendiri selanjutnya yaitu dengan melakukan restart. Apabila HP dalam keadaan mati kamu bisa melakukan restart dengan menekan tombol power dan volume up. Tekan beberapa saat sampai HP ada respon. Tidak perlu khawatir karena cara ini tidak akan menghapus data pada smartphone kamu.

5. Kembalikan Smartphone ke Setelan Pabrik

Apabila HP kamu sering mati sendiri bisa mengembalikannya pada setelan pabrik. Melakukan reset smartphone umumnya akan memperbaiki segala masalah yang ada. Selain itu, langkah ini juga bisa kamu lakukan saat proses rooting gagal dan sistem mengalami kerusakan. Kamu bisa mengembalikan HP dalam setelan pabrik dengan mengikuti cara mengatasi HP mati sendiri seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama bukalah setelan pada smartphone terlebih dahulu.
  2. Kemudian, gulir layar ke bawah sampai menemukan setelan tambahan, lalu klik.
  3. Setelah itu, masuk pada opsi cadangkan dan setel ulang.
  4. Selanjutnya tekan opsi kembali ke setelan pabrik lalu pilihlah setel ulang telepon.
  5. Jika HP kamu sandi maka konfirmasi dengan sandi tersebut.
  6. Tunggulah sampai proses reset selesai, setelah itu penyakit HP sering mati sendiri akan hilang.

Nah, itu tadi ulasan tentang berbagai cara mengatasi HP mati sendiri yang mudah untuk kamu lakukan. Apabila smartphone mati dengan sendirinya saat kamu gunakan jangan panik, sebaiknya ikuti berbagai cara tersebut untuk kembali menghidupkannya. Dengan berbagai cara tersebut memungkinkan kamu bisa memilih untuk melakukannya. Pastikan mengikuti langkah dalam mengatasi HP yang mati sendiri dengan benar supaya masalah bisa teratasi.