4 Cara Mengatasi HP Bootloop yang Dilakukan Sendiri
wigatos.com

4 Cara Mengatasi HP Bootloop yang Dilakukan Sendiri

Cara mengatasi HP bootloop bisa Anda lakukan dengan mudah. Perlu Anda ketahui, bootloop adalah salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada HP Android Anda. Pada umumnya, masalah bootloop populer dengan sebuah proses booting yang terjadinya terus berulang kali. Lantas bagaimana untuk mengatasi masalah HP bootloop tersebut.

Adanya permasalahan pada software atau perangkat lunak di Android Anda pada biasanya akan terdapat tanda dengan perangkat yang akan kembali dengan mengulang proses booting yang memunculkan logo Android. Secara sederhananya, Anda hanya akan disuguhkan perangkat yang menampilkan logo Android secara berulang kali tanpa diikuti dengan munculnya sistem utama perangkat tersebut. Nah, untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

4 Cara Mengatasi HP Bootloop yang Dilakukan Sendiri
wigatos.com

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah

Peluang terjadinya masalah bootloop pada HP Anda akan mungkin terjadi. Sebenarnya dalam mengatasi HP bootloop Anda tidak memerlukan untuk pergi ke tempat service center dari brand HP yang Anda gunakan. Anda bisa melakukan perbaikan pada bootloop dengan sendiri. Dengan kata lainnya bootloop bukan sebuah permasalahan yang fatal. Namun catatan bootloop pada HP Anda tidak begitu parah. Terlebih dalam menangani bootloop pada setiap perangkat bisa berbeda-beda. Maka simak berikut ini langkah-langkah dalam cara mengatasi HP bootloop.

Restart HP

Sebaiknya Anda perlu memahami dalam menangani HP bootloop. Untuk langkah yang pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan soft reset secara sederhana. Dapat Anda matikan HP Android serta keluarkan baterainya. Apabila tidak bisa melepas baterai di model HP tertentu, sebaiknya Anda biarkan perangkat mati selama lima menit.

Kemudian, Anda bisa menghidupkan kembali perangkat tersebut guna melihat apakah permasalahan bootloop sudah terselesaikan apa belum. Seringkali hanya memerlukan soft reset bisa menghilangkan bug dari proses startup.

Wipe Cache Partition

Untuk selanjutnya cara mengatasi HP bootloop yaitu dengan melakukan wipe data atau factory reset. Factory reset kemungkinan bisa menghapus data Anda yang berada di HP. Mulai dari aplikasi sampai dengan file atau berkas lainnya. Pasalnya cara tersebut populer dengan mengembalikan HP ke pengaturan awal atau pabrik. Guna melakukan wipe data atau factory reset. Maka Anda perlu terlebih dahulu pergi ke recovery sama halnya dengan wipe niche. Dengan melakukan hal tersebut, maka HP Anda bisa kembali normal seperti pertama membelinya.

Sebagai informasi saja, recovery mode adalah salah satu pilihan solusi yang bisa melalui menu pilihan yang dapat Anda gunakan sebagai cara memperbaiki kerusakan pada software maupun hardware. Akan tetapi, tidak semua HP Android tersedia menu tersebut.

Factory Reset

Walaupun langkah tersebut sudah jelas keberhasilannya, akan tetapi sangat sayang sekali jika harus kehilangan sejumlah file seperti foto yang ada di HP. Hal tersebut dikarenakan, pengaturan ulang pabrik telepon Anda akan menghapus data serta mengembalikannya ke pengaturan pabrikan aslinya secara sepenuhnya.

Untuk cara mengatasi HP bootloop ini sendiri dengan mematikan perangkat serta boot ke Recovery Mode. Langkah-langkah yang sesuai untuk melakukan boot ke Mode Pemulihan sesuai dengan pabrikan ponsel. Nantinya Anda bisa memilih Wipe Data atau Factory Reset, serta mulai prosesnya. Setelah terhapus, Anda bisa memilih Reboot System Now dari menu utama.

Pada HP yang bermasalah seperti bootloop, apabila reset factory reset ternyata tidak dapat mengatasinya atau HP Anda tetap tidak dapat masuk ke menu. Maka untuk solusinya dapat Anda lakukan dengan cara flash firmware, atau menginstall ulang sistem operasi HP.

Flashing ROM

Apabila permasalahan bootloop terjadi ketika Anda telah melakukan flashing custom ROM atau setelah Anda melakukan restore back up. Maka, sebaiknya Anda mencoba langkah berikut ini. Cara ini akan dengan otomatis membersihkan dalvik-cache yang lama, maka nantinya sistem akan menggantinya.

Pertama, Anda bisa mematikan Android dengan total dengan cara melepaskan baterai, kemudian diamkan selama 2 sampai 3 menit. Kemudian apabila jenis baterai tanam, Anda bisa menekan tombol power selama beberapa menit sampai perangkat mati total.

Setelah itu, Anda dapat menyalakan kembali perangkat kemudian masuk ke recovery. Untuk setiap perangkat cara masuknya berbeda-beda. Anda bisa sesuaikan dengan perangkat yang dipunyai.

Nah itulah cara mengatasi HP bootloop. Apabila masalah tersebut belum bisa teratasi, sebaiknya Anda membawa ke perangkat pusat perbaikan dari perangkat yang Anda punyai. Hal tersebut bisa saja, yang menjadi permasalahan bootloop bukan karena kesalahan pada sistem, melainkan kerusakan pada perangkat kerasnya.