Cara mengatasi force close
youtube.com

Cara Mengatasi Force Close pada Android, Lakukan 3 Langkah Ini!

Cara mengatasi force close perlu Anda ketahui sebagai pengguna smartphone. Tentunya hal tersebut minimal menjadi pengetahuan umum. Nyatanya istilah tersebut merupakan salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh para pengguna smartphone Android.

Hal tersebut menjadi masalah yang harus segera ditangani karena membuat aplikasi keluar sendiri. Sehingga akan mengganggu kelangsungan saat kita menggunakan smartphone itu sendiri untuk berbagai kebutuhan. Mungkin bagi beberapa orang masalah yang dikenal dengan istilah force close ini adalah hal biasa.

Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali menghadapi permasalahan tersebut bukan tidak mungkin jika merasa khawatir apalagi smartphone tidak bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan fungsinya menjadi tidak maksimal. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan masalah force close itu sendiri? Perlu Anda ketahui bahwa istilah tersebut atau biasa dikenal dengan masalah aplikasi yang berhenti sendiri.

Cara mengatasi force close
youtube.com

Berbagai Cara Mengatasi Force Close Pada Android

Force close merupakan suatu keadaan yang mana sebuah aplikasi itu tiba-tiba saja berhenti dan menutup sendiri. Mungkin sudah banyak orang yang mengalami akan hal tersebut. Sebagai contohnya saat kita sedang asyik bermain game ataupun nonton video tiba-tiba saja aplikasi tersebut berhenti dan muncul pesan pop-up. Biasanya pesan tersebut berupa tulisan “sayangnya, aplikasi sudah berhenti”.

Awal mula terjadinya permasalahan force close pada ponsel  tersebut disebabkan karena banyak hal. Penyebab yang pertama aplikasi tersebut memang bermasalah. Misalnya aplikasi tersebut mempunyai bug yang dapat mengganggu pengalaman pemakaian dari pengguna.

Apabila hal tersebut memang menjadi kunci permasalahannya, maka cara yang harus dilakukan untuk mengatasi force close pada smartphone Android adalah silahkan Anda update aplikasi tersebut ke versi terbaru yang sudah tersedia di Google Play Store. Update aplikasi merupakan salah cara untuk menghindari terjadinya bug.

RAM yang Penuh

Tidak hanya itu saja yang menjadi penyebab munculnya masalah force close pada penggunaan smartphone Android. Ya, sebab masalah tersebut juga akan muncul saat Anda sedang menggunakan ponsel akan tetapi kapasitas  RAM-nya sudah terlalu penuh.

Apabila smartphone Android yang Anda gunakan mempunyai ukuran RAM kecil maka jangan membuka banyak aplikasi. Karena yang demikian itu mendorong munculnya masalah force close atau aplikasi yang bisa berhenti sendiri.

Pada kenyataannya terdapat banyak aplikasi yang berjalan membuat RAM tidak bisa lagi menampung semua aplikasi yang sudah Anda buka. Maka cara mengatasi force close di HP tersebut ada baiknya Anda membeli smartphone Android yang mempunyai ukuran RAM besar. Solusi ini berlaku jika anda ingin membuka banyak aplikasi ketika menggunakan HP itu sendiri.

Tak cukup itu saja, ada masalah lain yang menjadi penyebab force close bisa terjadi. Salah satunya adalah file data yang menumpuk. Adanya banyak file cache atau file sampah yang tidak terpakai bisa menjadi salah satu penyebab kenapa aplikasi bisa berhenti sendiri.

Dengan demikian, dalam hal ini cara mengatasi force close adalah dengan rutin dan rajinlah membersihkan cache di smartphone tersebut agar tidak menumpuk. Sehingga tidak mengganggu kinerja ponsel Anda.

Update Operasi Sistemnya

Selain itu cara mengatasi force close di smartphone Android bisa dengan mengupdate sistem operasi dari HP. Update-lah operasi sistem agar bisa memperbaiki bug serta dapat menghadirkan pembaruan. Bukan hanya itu saja, tetapi smartphone tersebut juga dapat berjalan dengan lebih optimal. Apabila sudah ada update yang tersedia maka jangan ragu untuk melakukan pembaruan tersebut.

Untuk caranya pun tentu sangatlah mudah. Biasanya terdapat di menu atau pengaturan. Kemudian pada bagian atas biasanya terdapat menu pembaruan sistem dan silahkan pilih  periksa pembaruan itu sendiri.

Beberapa orang juga mengatasi permasalahan tersebut dengan menghapus aplikasi kemudian menginstalnya kembali. Mungkin tidak semua orang mau melakukan hal ini tetapi, bukan tidak mungkin jika upaya ini menjadi solusi yang sangat ampuh. Tidak percaya? Cobalah buktikan terlebih dahulu. Nantinya, Anda juga dapat melakukan restart pada smartphone.

Hentikan Aplikasi

Jika beberapa cara mengatasi force close tersebut tidak bisa menghentikan masalah. Maka cobalah untuk menghentikan secara paksa aplikasi tersebut. Tutorialnya adalah bukalah menu pengaturan kemudian pilihlah menu aplikasi. Baru setelah itu tugas Anda adalah pilih nama aplikasi apa yang ingin Anda tekan secara paksa. Berikutnya adalah tekan tombol paksa henti atau force stop. Terakhir adalah buka kembali aplikasi tersebut.

Jadi, masalah apapun yang terjadi sudah seharusnya kita menghadapinya dengan tenang tidak perlu khawatir ataupun panik. Ingat Rhoma Irama mengatakan “Banyak jalan menuju Roma”. Maka sudah pasti terdapat jalan keluar yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan satu perkara. Termasuk cara mengatasi force close pada penggunaan smartphone Android. Selamat mencoba.