Cara Mengatasi Batu Hp Bocor
unsplash.com

3 Cara Mengatasi Batu Hp Bocor Mudah, Ciri dan Sebabnya!

Cara mengatasi batu hp bocor menjadi hal yang tidak boleh kita sepelekan. Beberapa orang mungkin tidak mengalami masalah yang satu tini. Akan tetapi, nyatanya tidak sedikit yang harus berjuang mati-matian agar masalah batu bocor pada smartphone yang biasa mereka gunakan bisa terselesaikan dengan tuntas, serta tidak kambuh lagi.

Memiliki smartphone memang memberikan banyak keuntungan. Meskipun begitu, kita sebagai pemilik bukan hanya harus menggunakannya saja. Tetapi juga merawatnya dengan baik. Harus bisa menjaga menggunakan beberapa tips dan trik yang berlaku.

Tujuannya adalah supaya penggunaan hp tersebut juga tahan lama. Dengan penggunaan yang tahan lama tersebut, juga membantu kita untuk menghemat pengeluaran. Apalagi jika kita membelinya dengan harga tidak murah. Tapi karena kecerobohan kita sendiri, batu hp tersebut menjadi bocor. Siapa yang akan rugi jika sudah demikian?

Sudah pasti terdapat sedikit rasa sedih dalam hati. Nah, guna menghindari masalah itulah penting mengetahui kerusakan apa saja yang biasanya terjadi pada smartphone itu. Namun, mengetahui apa saja jenis kerusakannya saja tidaklah cukup. Kita juga harus paham betul seperti apa cara yang bisa dilakukan agar nantinya kerusakan tersebut bisa terselesaikan.

Cara Mengatasi Batu Hp Bocor
unsplash.com

Beberapa Cara Mengatasi Batu Hp Bocor untuk Anda

Jika selama ini kita sering mendengar, “bocor-bocor. No drop no bocor-bocor”. Dari iklan tersebut kita paham betul apa yang menjadi masalah dan apa cara mengatasi batu hp bocor yang bisa menjadi solusi terbaiknya. Lalu, apakah masalah baterai hp yang bocor tersebut akan keluar air? Sehingga kita bisa menggunakan produk yang sama untuk menyelesaikannya? Tentu saja tidak, meskipun sama-sama bocor.

Umumnya batu hp yang bocor itu ditandai dengan penggunaan yang sebentar tetapi cepat habis. Padahal sebelumnya sudah diisi 100%. Selain itu, ciri lain yang menandakan bahwa baterai hp tersebut bocor adalah ketika di cas baterainya cepat penuh.

Padahal sekarang ini kita tahu, terdapat fitur pengisian cepat, tergantung dengan merek dan kapasitas batu hp tersebut. Ada yang fitur pengisian cepat 15 menit dan lainnya. Jika dalam waktu tersebut sudah bisa penuh, maka sudah pasti baterainya rusak.

Padahal kita juga tahu, bahwa kapasitas batu hp itu yang akan mendukung penggunaan smartphone itu sendiri. Ketika sudah bocor, maka pengguna juga harus membawa batu cadangan saat ingin menggunakan smartphone tersebut. Hal tersebut memang bukan tidak mungkin untuk kita lakukan. Akan tetapi, mau betah sampai berapa lama? Satu tahun? Dua tahun?

Penyebabnya

Sebelum membahas lebih jauh akan seperti apa cara mengatasi batu hp bocor tersebut. Tentunya kita juga harus tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jangan-jangan selama ini kita pernah melakukannya apa yang memang menjadi pemicu munculnya masalah tersebut. Sebab yang pertama adalah Anda menggunakan power bank. Terlihat sepele memang. Apalagi memang kebanyakan orang itu menggunakan power bank untuk solusi tepat saat bepergian tapi tidak membawa cas.

Namun, terlalu sering Anda menggunakan bantuan power bank tersebut malah akan menyebabkan baterai hp menjadi panas, mengembang, dan bocor. Kemudian, menggunakannya untuk bermain game saat di cas juga akan menjadi penyebabnya.

Seperti yang kita tahu game adalah aktivitas yang sangat seru. Beberapa anak muda juga terkadang melakukan hal ceroboh tersebut demi game kesayangannya. Dengan alasan tidak mau kalah, biar dapat skin, atau yang lainnya.

Selain itu, penyebab lain kenapa baterai hp itu bocor adalah, Anda sering menggunakannya dan sering pula membiarkannya mati. Padahal yang baik penggunaanya itu seperti ini. Silakan Anda cas hp tersebut, saat baterai menunjukkan persentase 20%.

Pokoknya jangan sampai 0% dan mati sendiri. Lalu, silakan Anda cabut cas tersebut sebelum sampai penuh 100%. Tak hanya jadi penyebab tetapi juga menjadi cara mengatasi batu hp bocor.

Solusinya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah silakan Anda cabut baterai tersebut. Setelah cara mengatasi batu hp bocor adalah pegang baterainya. Apabila terasa panas, diamkan terlebih dahulu. Sampai suhu panasnya menurun.

Berikutnya cari plastik dengan ukuran yang agak besar. Simpan batu hp tersebut dalam plastik dan jangan biarkan ada rongga yang menyebabkan udara masuk. Baru setelah itu, masukkan baterai tersebut ke dalam freezer.

Tunggu sampai 540 menit atau 9-12 jam. Jika sudah mencapai pada batas waktu tersebut, ambil baterainya. Namun jangan langsung dipasang. Tunggu sampai 120 menit. Jika sudah, maka pasang kembali, dan silakan isi daya sampai 8 jam. Maka, beberapa cara mengatasi batu hp bocor tersebut akan memberikan perubahan.