Cara Jual Foto di Shutterstock
freepik.com

7 Cara Jual Foto di Shutterstock Agar Sukses, Ini Syaratnya!

Cara jual foto di Shutterstock tidak ada salahnya jika Anda coba. Sebab, ini bisa Anda jadikan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika penjualan foto Anda bisa sukses, maka penghasilan yang Anda dapatkan tentunya juga cukup besar.

Perkembangan teknologi saat ini memang membawa berbagai macam kemudahan untuk mencari penghasilan tambahan. Sebab, kini banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan hanya dengan lewat gadget saja.

Cara Jual Foto di Shutterstock
Cara Jual Foto di Shutterstock

Begini Cara Jual Foto di Shutterstock

Buat Anda yang memiliki hobi fotografi, Anda bisa memanfaatkan hasil jepretan Anda menjadi cuan. Foto-foto hasil jepretan Anda yang estetik kini tak hanya dijadikan sebagai koleksi saja. Sebab, Anda bisa menjualnya dengan menggunakan platform online Shutterstock.

Sebelum mengulas bagaimana cara jual foto di Shutterstock, kita ulas terlebih dahulu apa itu Shutterstock dan bagaimana cara menggunakannya.

Mengenal Shutterstock, Platform Jual Beli Foto Online

Shutterstock merupakan salah satu platform online yang hadir dengan konsep microstock. Platform ini berdiri sejak tahun 2003 oleh Jon Oringer. Selain itu, platform ini juga menyediakan dan menjual stok foto-foto yang bisa didownload oleh semua orang.

Perlu Anda tahu, stok foto di situs Shutterstock termasuk hasil karya dari para kontributor yang mengunggah hasil karya mereka  ke situs tersebut. Nah, dari unggahan inilah mereka bisa mendapatkan komisi dari pihak Shutterstock.

Anda bisa mencoba menjual jenis karya fotografi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari Shutterstock ini. Mulai dari foto, ilustrasi, vektor, video, dan bisa juga dari musik.

Banyak para fotografer dan desainer yang memasarkan karya mereka lewat situs ini. Sebab, Shutterstock ini mempunyai selling terbaik jika dibandingkan dengan situs lainnya.

Shutterstock juga menjadi situs stok karya digital yang akan menghimpun, menjual, serta terbukti akan membagikan  hasil penjualannya dengan kreator .

Baca Juga :8 Cara Main Aplikasi Penghasil Uang ClipClaps, Cuan Lebih Mudah!

Selain itu, situs  ini juga merupakan microstock terbesar sekarang ini yang dapat memberikan penghasilan untuk para desainer dan fotografer.

Pihak Shutterstock nantinya akan membeli foto dan desain sesuai dengan keinginan. Dari foto yang di unduh, Anda akan mendapatkan penghasilan.

Nah, perlu Anda tahu jika penghasilan ini hanya untuk sekali unduhan. Sehingga, apabila ada beberapa unduhan pada  stok yang sama, maka penghasilan Anda secara otomatis akan bertambah.

Shutterstock juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan sesuai dengan hobi. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memanfaatkan kesempatan.

Adapun cara jual foto di Shutterstock yang bisa Anda lakukan antara lain seperti berikut ini:

7 Cara Jual Foto di Shutterstock

1. Mendaftar Sebagai Kontributor di Shutterstock

Agar Anda bisa menjual hasil jepretan, maka terlebih dahulu Anda harus melakukan registrasi sebagai kontributor di Shutterstock. Adapun cara untuk mendaftarnya cukup mudah, berikut cara mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock :

  • Anda hanya perlu membuka situs Shutterstock .
  • Kemudian klik menu registrasi.
  • Setelah itu, Anda harus mengisi formulir yang telah tersedia dengan benar untuk bisa memperoleh akun di Shutterstock.
  • Lakukan konfirmasi email yang telah terdaftar pada situs Shutterstock.
  • Apabila konfirmasi telah berhasil, itu tandanya Anda sudah resmi menjadi kontributor Shutterstock.

2. Lakukan Konfirmasi Akun

Sesudah Anda mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock, cara jual foto di Shutterstock selanjutnya yaitu harus dengan melakukan konfirmasi akun terlebih dahulu. Pada umumnya, akan ada instruksi dari pihak Shutterstock yang memerintahkan Anda untuk mengunggah KTP dan password kontributor.

Maka dari itu, sebelum melakukan registrasi sebaiknya Anda menyiapkan kedua dokumen itu terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan ketika harus mengunggah dokumen sebagai pelengkap.

3. Memiliki Akun Paypal

Situs Shutterstock merupakan platform yang semua orang di berbagai negara bisa mengaksesnya. Adapun untuk proses transaksi dari jual beli foto pihak Shutterstock akan menggunakan Paypal. Maka dari itu, pastikan Anda mempersiapkan membuat akun PayPal terlebih dahulu.

4. Jangan Lupa Seleksi Foto di Shutterstock

Sesudah Anda menyelesaikan proses registrasi dan melakukan pendaftaran Shutterstock sesuai instruksi, kini Anda bisa langsung menjual foto di Shutterstock.

Cara jual foto di Shutterstock dalam tahap ini Anda cukup mengupload foto hasil jepretan yang punya kualitas bagus. Namun, jangan lupa untuk memastikan jika foto tersebut adalah hasil karya sendiri, jadi tifdak terdapat unsur brand dan juga watermark.

5. Edit Gambar

Cara Jual Foto di Shutterstock yang harus Anda pahami, jika penjualan foto pada platform ini akan melewati berbagai macam proses review yang cukup ketat. Oleh sebab itu, setiap hasil jepretan paling tidak Anda memberikan sentuhan editing sedikit agar foto bisa terlihat lebih berkualitas.

Pengeditan foto ini hanya untuk meningkatkan kualitas. Jadi, jangan sampai memberikan edit yang aneh-aneh. Dengan begitu, hasil foto bisa terlihat berkelas.

6. Tunggulah Review dari Pihak Shutterstock

Sesudah Anda mengupload foto, sebaiknya Anda tunggu review serta penilaian dari pihak Shutterstock mengenai foto tersebut. Foto tersebut akan langsung dimasukkan ke situs Shutterstock jika bisa lulus seleksi, lalu untuk yang gagal akan di pending terlebih dahulu.

Jika gagal, nantinya pihak Shutterstock akan memberi saran perbaikan mengenai hasil foto yang Anda upload. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki hasil karya Anda untuk selanjutnya.

7. Shutterstock akan Mengirimkan Rincian Pendapatan

Untuk foto yang bisa lolos seleksi, maka otomatis pihak Shutterstock akan langsung membelinya. Setelah itu, Anda akan memperoleh pemberitahuan keterangan pendapatan dari total foto yang telah dibeli.

Agar Anda bisa menikmati hasil uang dari jual foto di shutterstock, pastikan Anda memiliki saldo Paypal hingga 200 dolar. Sebab, minimal penarikan pada Paypal yaitu 200 dolar. Saldo PayPal bisa Anda tarik ke rekening Bank terlebih dulu.

Syarat Jual Foto Di Shutterstock

Cara jual foto di Shutterstock tidak bisa Anda lakukan dengan mengunggah sembarang foto saja. Akan tetapi, ada persyaratan yang perlu Anda ketahui:

1. Resolusi dan Jenis File Sesuai Kriteria

Salah satu persyaratan untuk jual foto  di situs Shutterstock yaitu harus punya resolusi dan jenis file yang sesuai ketentuan.

Foto yang akan Anda unggah paling tidak mempunyai resolusi 4 megapixel. Adapun jenis file foto bisa menggunakan format jpeg, vektor, serta format eps.

2. Foto Harus Berkualitas

Di Shutterstock Anda memang bisa upload berbagai macam jenis foto, meskipun hasil dari kamera handphone. Akan tetapi, agar foto bisa lolos seleksi dan review, sebaiknya Anda mengupload foto yang memiliki kualitas yang baik. Baik itu dari segi pencahayaan, fokus, hingga noise yang baik.

3. Foto Tidak Ada Unsur SARA

Unsur SARA adalah salah satu hal yang sangat dihindari oleh situs Shutterstock. Apabila foto yang Anda upload mengandung unsur SARA, maka foto Anda bisa langsung ditolak atau diblokir. Sebab, ini sudah melanggar aturan pihak Shutterstock.

Jika foto Anda berkualitas dan memiliki persyaratan seperti diatas, maka besar kemungkinan jika foto Anda akan lolos saat seleksi di Shutterstock.

Dengan mengetahui cara jual foto di Shutterstock dan persyaratannya, kini Anda tak perlu ragu lagi untuk mencoba menjual foto hasil karya Anda.