Cara Agar Baterai Laptop Awet
unsplash.com

5 Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama Paling Mudah

Cara agar baterai laptop awet berikut ini bisa Anda terapkan agar laptop bisa bertahan lebih lama setelah Anda isi daya baterainya. Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak fungsi. Laptop pun sering digunakan untuk berbagai keperluan para penggunanya.

Mulai dari bekerja, mengerjakan tugas, mengedit video, menonton film, dan masih banyak lagi. Penggunaannya pun bahkan bisa menggunakannya selama berjam-jam setiap harinya. Hal tersebut tentunya akan membuat daya baterai laptop menjadi lebih cepat terkuras.

Baca Juga : Cara Memasang Background di Zoom Melalui HP dan PC

Akibatnya pun Anda harus lebih sering mengecas laptop. Hal ini tentu kurang disukai oleh beberapa pengguna laptop. Sebab tentunya repot jika ke mana-mana harus membawa charger laptop dan mencari colokan. Saat di rumah pun tentunya listrik menjadi lebih boros.

Cara Agar Baterai Laptop Awet

Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Umumnya laptop baru memang memiliki kondisi yang masih sangat bagus. Baik pada perangkat, kinerjanya hingga kondisi baterainya. Baterai laptop ini pun biasanya juga masih bisa bertahan berjam-jam walaupun Anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Namun, seiring waktu penggunaan laptop tentu kinerjanya akan menurun. Selain itu bisa juga muncul berbagai masalah baru seperti laptop menjadi lemot. Kemudian masalah lain yang sering terjadi yaitu baterai menjadi cepat terkuras padahal baru digunakan sebentar.

Hal tersebut tentu menjadi masalah yang menyebalkan bukan? Apalagi jika laptop habis di cas full namun kemudian baterainya tiba-tiba berkurang dengan cepat. Akibatnya pun mau tak mau Anda harus mengecasnya lagi agar laptop tidak mati selama digunakan.

Sebenarnya masalah ini bisa Anda cegah dan hindari. Caranya yaitu dengan menghemat konsumsi baterai menggunakan berapa metode. Dengan metode atau cara agar baterai laptop awet ini maka tentunya daya baterai bisa bertahan lebih lama lagi.

Lalu apa saja cara tersebut? Untuk Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa caranya;

1. Turunkan Brightness

Monitor LED termasuk komponen laptop yang banyak mengonsumsi daya baterai. Sama seperti ponsel, jika layar Anda atur dengan kecerahan yang tinggi maka akan semakin banyak pula konsumsi baterainya. Karena itu sebaiknya Anda menurunkan kecerahan layar laptop.

2. Aktifkan Mode Battery Saver

Cara agar baterai laptop awet selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan mode battery saver atau mode mengemat daya baterai. Umumnya, laptop Windows memang memiliki beberapa mode daya yaitu mode penghemat baterai dan normal. Dengan mengaktifkan mode penghemat baterai ini maka baterai akan menjadi lebih awet.

Umumnya, mode battery saver ini juga akan aktif secara default ketika baterai tersisa 20%. Untuk mengaktifkannya, bukalah menu Settings lalu System, Batery kemudian pilih Battery Saver Settings. Selanjutnya pun Anda tinggal menyesuaikan dengan persentase yang Anda inginkan.

3. Atur Power and Sleep

Cara agar baterai laptop awet selanjutnya yaitu dengan mengatur Power and Sleep. Cara ini yaitu untuk mengatur durasi layar akan mati secara otomatis ketika laptop dalam keadaan idle. Dengan begitu maka daya baterai tidak akan terbuang percuma hanya karena menyalakan laptop dan tidak menggunakannya.

Anda pun bisa mengatur layar otomatis mati setelah 1 atau 2 menit saat tidak digunakan. Cara inipun tentunya sangat baik untuk menghemat baterai sebab tidak akan memuat layar kelelahan sebab terus menyala. Cara menerapkannya pun mudah yaitu melalui menu Settings.

4. Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Dalam laptop mungkin tersimpan berbagai aplikasi yang tidak Anda gunakan. Karena itu cara agar baterai laptop awet selanjutnya Anda bisa menguninstal aplikasi tersebut. Sebab mungkin saja aplikasi tersebut terhubung ke internet dan menampilkan informasi terbaru pada Tiles. Jadi lebih baik Anda menguninstallnya untuk menghemat baterai.

5. Nonaktifkan Program Startup

Umumnya, program startup mampu secara otomatis memulai aplikasi apa saja ketika laptop dinyalakan. Program tersebut pun akan berjalan di background sehingga membuat konsumsi daya baterai semakin banyak. Terkadang aplikasi yang terinstal pun juga dimasukkan sebagai program startup.

Padahal terkadang aplikasi tersebut tidak diperlukan. Karena itu Anda bisa menonaktifkan program startup tersebut. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu pilih Start Menu, lalu Task Manager, Startup, dan Disable Program pada aplikasi yang tidak penting.

Itulah beberapa cara agar baterai laptop awet yang bisa Anda terapkan. Dengan begitu maka tentunya baterai dan perangkat Anda bisa bertahan lebih lama.