Ketahui Cara Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Khususnya Pemula!
istockphoto.com

Ketahui Cara Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Khususnya Pemula!

Aplikasi Adobe Photoshop merupakan sebuah perangkat lunak berbasis bitmap yang dibuat untuk sarana pengeditan gambar atau foto. Selain itu, Adobe Photoshop biasa orang gunakan khususnya fotografer digital dan perusahaan iklan untuk memberi efek tertentu pada gambar.

Software ini memang telah terbuat oleh Adobe System yang merupakan perusahan terkenal dari Amerika. Nah, sekarang ini Adobe Photoshop CS3, versi ke-11 meruoakan Adobe Photoshop CS4, versi ke-12 Adobe Photoshop CS5, versi ke-13 Adobe Photoshop CS6, dan terbaru Adobe Photoshop CC.

Setiap versi tentu ada perbedaanya, mulai dari segi fitur hingga kelebihan dari Aplikasi tersebut. Artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi Adobe Photoshop hingga deskripsi lain dari Aplikasi ini.

Aplikasi Adobe Photoshop
Aplikasi Adobe Photoshop

Inilah Cara Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop!

Untuk penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop itu sangat mudah sekali. Namun bagi para pengguna pemula tentu akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan software edit foto atau gambar satu ini.

Mungkin bagai Anak Sekolah Menengah Kejuruan sudah tidak asing dengan Aplikasi edit foto alpato ini terutama bagi anak Multimedia. Jadi dengan adanya Photoshop ini memungkinkan semua orang dalam hal mengedit gambar menjadi lebih bagus dan menarik.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Dijamin Ampuh!

Namun perlu ketahui juga, bahwa mengedit sebuah foto dan gambar menggunakan aplikasi Adobe Photoshop ini harus teliti dan butuh keprofesionalan. Sebab, ada banyak tools dengan peran masing-masing dalam hal pengeditannya.

Berikut cara menggunakan Adobe Photoshop:

1. Menjalankan Adobe Photoshop

Perangkat lunak Adobe Photoshop pada umumnya terletak di reketeri C, tergantung versi masing-masing. Ya, software ini juga bisa Anda temukan melalui desktop pada Windows dengan ikon warna biru dengan tulisan Ps.

Bukan hanya itu saja, Adobe Photoshop bisa pengguna temukan dengan menggunakan fitur searching melalui Windows + S dan ketik “Adobe Photoshop”. Nah, untuk menjalankanya cukup klik dua kali atau klik kanan lalu open.

2. Membuat Dokumen Baru

Langkah kedua menggunakan aplikasi Adobe Photoshop yaitu membuat dokumen baru dengan mengklik menu File > New pada bagian atas kiri tampilan. Dokumen baru pada Photoshop bisa Anda akses melalui keyboard shortcut Ctrl + N.

Setelah muncul jendela New bisa Anda atur berbagi pengaturan dokumen seperti ukuran, resolusi dan lain sebagainya. Ps juga sudah menyediakan berbagai model pengaturan tersedia pada dropdown preset. Setelah Anda selesai atur, lalu klik OK untuk menjaga dokumen baru yang dibuat. Ya, dokumen bisa Anda atur kembali pada menu Image > Image Size.

3. Membuka Gambar atau Foto ke Dalam Photoshop

Kemudian cara ketiga yaitu membuka gambar dalam Photoshop. Hal ini Anda bisa langsung mengakses menu File > Open. Setelah muncul jendela Open lalu cari file yang akan Anda buka. Setelah Anda dapat filenya klik saja tombol OK. Cara ini juga menjadi metode untuk membuka berbagai jenis file telah di support oleh Photoshop.

4. Membuat Layer Baru dalam Photoshop

Selanjutnya langkah keempat yaitu membuat layer baru pada Photoshop. Untuk membuat layer baru hanya tinggal klik menu Layer > Layer pada menu bar. Pada tampilan layer yang biasa terletak pada kanan bawah daerah kerja Photoshop, urutan layer dari atas ke bawah untuk menemukan posisi layar pada dokumen. Serta layar urutan teratas akan menutup layer yang berada pada urutan dibawahnya.

5. Menggunakan Fitur Seleksi pada Photoshop

Fitur seleksi merupakan keunggulan dari Photoshop sekaligus cukup sulit untuk Anda akui khususnya pemula.  Nah, untuk kesulitan dalam penggunaan fitur ini yaitu berkaitan dengan kerapian dari hasil seleksi. Fitur ini bisa Anda gunakan guna menghilangkan bagian-bagian dari gambar tidak didinginkan.

Adobe Photoshop menyediakan setidaknya jenis fitur seleksi yakni Marquee Tool, Lasso Tool, dan Quick Selection Tool atau Magic Wand Tool. Masing-masing jenis fitur seleksi mempunyai keunggulan sendiri, fitur ini bisa Anda temukan pada toolbox bagian kiri daerah kerja Photoshop.

6. Menambah Tulisan dalam Photoshop

Untuk cara menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop untuk menambah tulisan pun sangat mudah. Dalam menambahkan tulisan pada Photoshop hanya menggunakan Type Tool. Untuk mengakses fitur ini bisa menggunakan shortcut T pada keyboard.

Pengaturan kensi tulisan serat ukuran huruf bisa Anda temukan pada abwa menu bar setelah toolbox type tool di klik. Jadi dengan menambahkan text ke dalam dokumen secara otomatis akan membuat layer baru (F7).

7. Mengatur Efek Gambar atau Foto Dalam Photoshop

Dalam mengatur efek gambar foto bisa Anda temukan pada menu Filter, Menu Image > Adjustments dan Blending Option. Blending option bisa Anda akses dengan cara klik kanan layer lalu pilih Blending Option.

Jadi dengan mengatur serta mengedit efek gambar foto atau tulisan pengguna Adobe Photoshop bisa menambahkan stroke, shadow, mengaburkan, mengatur saturation serta mempertajam gambar.

Informasi Seputar Aplikasi Adobe Photoshop

Setelah mengetahui cara penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop kini Anda harus tahu seputar informasi tambahan mengenai software satu ini. Adobe Photoshop atau biasanya disebut dengan Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe System yang khusus untuk pengeditan foto atau gambar serta pembuatan efek.

Photoshop sendiri banyak dipergunakan oleh fotografer digital serta perusahaan iklan. Selain itu, Photoshop juga mempunyai fitur yang bisa pengguna pahami dan gunakan. Adanya fitur unggulan dari Photoshop ini bisa membuat pekerjaan dengan hasil maksimal dan mensuport beberapa file.

Sehingga bagi seorang desain grafis hal ini merupakan syarat wajib ada untuk masuk ke dunia grafis. Sebab Photoshop dengan segala fasilitasnya cock bagi seorang desain grafis. Photoshop khusus sebagai perangkat lunak guna mengedit gambar dalam format BITMAP.

Sejarah Aplikasi Adobe Photoshop

Hadirnya Aplikasi Adobe Photoshop memang adanya latar belakangi dengan sejarah panjang. Awalnya langkah profesor dari Machina USA bernama Glen Knol bereksperimen untuk mengolah foto secara digital dengan alat sederhana.

Tujuan dan harapan Glen Knol untuk membuat program pengolah gambar secara digital diteruskan oleh anaknya bernama John Knoll dan Thomas Knoll. Pada akhirnya, kedua anak Glenn Knol ini berhasil menciptakan program Aplikasi sederhana sehingga perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi.

Tidak membutuhkan waktu lama, penemuan ini kemudian diambil alih oleh Adobe Corporation dan beri nama Adobe Photoshop. Versi terakhir dari Photoshop adalag CS5. Memang, awal mula terciptanya Photoshop ini hanya ditujukan untuk kebutuhan pengolah gambar saja.

Namun dengan kegigihan kerja keras oleh Thomas Knoll dan timnya akhirnya mampu mengembangkan Adobe Photoshop dengan fitur unggul seperti design, publishing, animasi, digital painting, dan lainnya. Para designer graphic lebih cenderung banyak menggunakan Photoshop dalam hal melakukan pekerjaan sebab lebih mudah pengoperasiannya, warna cerah serta fitur unggulan.

Sekarang sudah tahu bukan informasi mengenai pengguna, sejarah, hingga pengertian dari Aplikasi Adobe Photoshop melalui artikel kali ini. Kini giliran Anda menggunakan dan mengunduhnya melalui situs resminya yakni adobe.com nanti Anda tinggal menginstal saja dijamin dengan aplikasi foto ini, gambar-gambar semakin indah seperti pelangi.