Aplikasi yang Boros Baterai
www.pricebook.co.id

7 Aplikasi yang Boros Baterai dan Cara untuk Mengatasinya

Aplikasi yang boros baterai bisa menjadi salah satu faktor penyebab baterai cepat ngedrop. Sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk berpikir bahwa masalah tersebut dari kerusakan perangkat.

Pasalnya terdapat sebuah penelitian baru dari Formasi riset pCloud yang penelitian terbarunya berkaitan dengan aplikasi yang boros menguras baterai pada ponsel Anda. Hasil dari penelitian tersebut telah dituangkan dalam laporan yang berjudul “Secret Phone Killers-Which Apps are the Most Demanding on Your Phone?”

Baca Juga : 5 Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama Paling Mudah

Kemudian data penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat 93 persen dari pengguna memakai smartphonenya hampir setiap hari. Pemakaian smartphone yang cukup aktif pastinya akan menjadi pengaruh terhadap kapasitas baterai pada perangkat.

Apa Saja Aplikasi yang Boros Baterai?

Selain dari pemakaian yang cukup aktif, terdapat beberapa aplikasi yang juga ikut serta menjadi pengaruh kepada boros atau tidaknya pada baterai smartphone Anda. Pasalnya aplikasi tersebut bisa menguras baterai dikarenakan tetap berjalan pada latar belakang walaupun aplikasi tersebut telah ditutup.

Bukan hanya itu saja, aplikasi yang sudah terinstall pada ponsel pintar, umumnya juga memerlukan akses pada fungsi tertentu. Seperti halnya kamera, mikrofon, atau lokasi. Sesuai dengan riset yang ada, bahwa seberapa banyak akses bisa diperoleh dari aplikasi juga bisa ikut menjadi pengaruh terhadap daya baterai.

Pada sebuah riset pCloud memakai sebanyak 16 fungsi yang dapat diakses oleh aplikasi menjadi acuan dasar dalam sebuah penelitian. Untuk fungsi tersebut antara lainnya seperti dark mode, akses ke foto atau media, akses pada informasi Wi-Fi, kontak, storage atau penyimpanan, informasi panggilan, lokasi, kamera, calendar, SMS, sampai dengan pengaturan pada data.

Kemudian berikut ini daftar aplikasi yang boros baterai yang telah dilansir dari XDA Developers Forum.

  • TikTok

Menjadi salah satu aplikasi yang boros baterai pertama. Namun aplikasi TikTok banyak peminatnya. Terutama oleh anak-anak serta remaja. Akan tetapi aplikasi TikTok sendiri banyak menguras baterai, selain itu juga menguras RAM serta internet. Pasalnya, Anda perlu mengaktifkan kamera serta internet dengan bersamaan.

Kemudian, video yang dalam jumlah banyak juga perlu Anda muat menjadi salah satu penyebabnya. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mematikannya ketika tidak Anda gunakan.

  • Facebook

Selanjutnya terdapat media sosial dengan pengguna yang banyak tersebut juga menjadi salah satu daftar aplikasi yang boros baterai smartphone terbesar Anda. Hal tersebut dikarenakan aplikasi Facebook banyak sekali memuat konten yang bisa memperberat kinerja smartphone. Misalnya seperti link, tulisan, video, serta foto.

Dengan adanya kesadaran akan masalah tersebut, Facebook menghadirkan versi mini dari aplikasinya yang bernama Facebook Lite. Pastinya terdapat sejumlah fitur yang tidak dapat Anda akses melalui Facebook Lite, namun hal tersebut lebih baik dibandingkan smartphone Anda boros baterai.

  • Snapchat

Hal ini akan menjadi kabar buruk bagi setiap pengguna dari aplikasi Snapchat. Pasalnya media sosial tersebut masuk ke dalam salah satu aplikasi yang boros baterai paling atas sesuai dengan riset yang ada. Hal tersebut dikarenakan aplikasi tersebut mempunyai banyak filter serta harus melakukan proses pada foto serta video. Beberapa pengguna mengaku baterai akan jauh lebih awet setelah melakukan uninstall aplikasi Snapchat.

Hal yang dapat Anda lakukan yaitu mematikan data untuk aplikasi tersebut apabila sedang tidak Anda gunakan. Anda juga dapat mengaktifkan fitur Travel Mode yang terdapat pada aplikasi Snapchat guna menghindari loading foto serta video.

  • Tinder

Aplikasi Tinder memang bisa menjadi pendorong aktivitas di sosial Anda. Akan tetapi, aplikasi tersebut termasuk menjadi aplikasi yang boros baterai. Untuk alasannya juga sangat sederhana, Tinder dengan konstan akan mendeteksi lokasi, maka membuat Anda dapat menemukan orang-orang yang ada di dekat dengan posisi Anda.

Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu menutup aplikasi tersebut. Cukup dengan matikan saja semua notifikasi apabila sedang tidak diperlukan. Hal tersebut dapat mengurangi daya yang Tinder serap.

  • Aplikasi Berita

Meskipun bisa membantu Anda untuk tetap stay up to date, namun aplikasi berita juga termasuk dalam aplikasi yang boros baterai. Hal tersebut dikarenakan aplikasi terus saja membagikan berita-berita baru untuk setiap saat. Sehingga membuat handphone Anda memerlukan refresh dengan konstan.

Pasalnya hal tersebut mudah untuk Anda atasi. Anda bisa beralih dalam mengakses melalui situs. Apabila Anda lebih menyukai mengakses melalui aplikasi, sama seperti cara sebelumnya. Anda dapat mengaktifkan ketika Anda akan membukanya saja.

Netflix, YouTube, serta Aplikasi Streaming Video Lainnya

Hampir setiap aplikasi yang melibatkan elemen visual akan menguras banyak baterai. Tanpa terkecuali aplikasi streaming video juga menjadi aplikasi yang boros baterai. Seperti halnya Youtube dan kawan-kawannya. Hal yang dapat Anda lakukan yaitu mengatur pada tingkatan kecerahan handphone ke paling rendah serta tidak memakai handphone bluetooth.

Terdapat alternatif lainnya untuk bisa mengatasi baterai handphone yang cepat terkuras yaitu dengan memasang aplikasi optimasi baterai. Misalnya saja Greenify, Avast Battery Saver, DU Battery Saver, dan lain sebagainya.

Terdapat sejumlah alasan mengapa beberapa aplikasi bisa menghabiskan daya baterai Anda menjadi lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Antara lainnya dimulai dari pemakaian aplikasi yang insentif sampai dengan layanan lokasi. Bukan hanya itu saja, terdapat faktor lain yang menjadi pengaruh yaitu faktor latar belakang data.

Sejumlah aplikasi akan bekerja siang dan malam guna mengumpulkan informasi, memberikan pemberitahuan secara tepat waktu, mengumpulkan data. Cara tersebut dilakukan sejumlah aplikasi pada latar belakang tampilan tanpa adanya sepengetahuan Anda sebagai pengguna. Sehingga secara perlahan hal tersebut dapat menguras daya baterai.

Tidak adanya fitur dark mode mengakibatkan aplikasi yang boros baterai menjadi bekerja lebih keras serta bisa menyedot lebih banyak data pada ponsel pintar Anda.

  • Cara Supaya Aplikasi Tidak Menguras Baterai

Untuk cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan supaya aplikasi tidak membuat baterai HP Anda menjadi boros yaitu dengan mematikan background activity atau aktivitas layar ketika aplikasi tidak Anda gunakan. Hal tersebut dikarenakan, jika tidak Anda matikan, aplikasi akan terus berjalan walaupun aplikasi tersebut Anda tutup.

Hal itulah yang membuat baterai HP menjadi bekerja lebih keras. Selain itu juga terdapat tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga supaya aplikasi tidak perlu Anda hapus, akan tetapi, tidak membuat baterai ponsel menjadi boros.

  • Mematikan Layanan Lokasi Jika Tidak Diperlukan

Untuk cara mematikan lokasi, Anda bisa simak sebagai berikut ini.

  1. Buka pada aplikasi Pengaturan.
  2. Kemudian masuk ke menu Lokasi.
  3. Lanjutkan dengan nonaktifkan penggunaan lokasi.

Mematikan Notifikasi

Terdapat berbagai macam notifikasi yang penting, namun apabila dari informasi aplikasi, banyak yang dapat dikatakan tidak penting. Sehingga terdapat saran untuk mematikan notifikasi tersebut. Untuk cara mematikan notifikasi, Anda bisa simak berikut ini.

  • Pertama buka aplikasi Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke dalam Aplikasi.
  • Lanjutkan dengan melihat semua aplikasi.
  • Lalu tekan bagian notifikasi.

Apabila Anda tidak akan melihat pemberitahuan atau notifikasi, maka Anda bisa menonaktifkan semua notifikasi dari aplikasi yang boros baterai.