Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

10 Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Dijamin Ampuh!

Cara mengatasi layar hp gerak sendiri sebenarnya tidak sulit dilakukan. Handphone saat ini sudah menjadi teman sejati para para pemiliknya. Apalagi ada banyak aktivitas yang tidak bisa lepas dari penggunaan device yang satu ini. Seiring dengan penggunaannya dan berlangsung cukup lama, sangat mungkin terjadinya kerusakan termasuk pada layar hp. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu penyebab layar hp gerak sendiri.

Ghost touch atau layar hp bergerak sendiri menjadi masalah yang terjadi pada layar LCD HP Android. Pada bagian touchscreen yang mengalami error, seperti halnya sering mengklik sesuatu sendiri. Masalah ini tentunya akan terasa cukup merepotkan. Jika Anda sedang menggunakan hp untuk chatting-an, maka akan terjadi mistyped (typo) yang membuat kalimat jadi acak-acakan.

Baca Juga : Inilah 7 Cara Mengatasi Memori HP Penuh Paling Efektif!

Masalah error lainnya, seperti menggeser sendiri, baik itu ke samping, ke atas, maupun ke bawah. Bahkan salah satu kondisi paling fatal, touchscreen hp menjadi tidak bisa dipencet. Maka itu Anda harus tahu cara mengatasi layar hp.

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

10 Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri yang Ampuh

Error pada layar hp yang seperti ini sangat mungkin terjadi di semua jenis merk smartphone. Baik itu iPhone, Samsung, Lenovo, Asus, dan lain sebagainya. Beberapa tips dan tutorial untuk mengatasi layar sentuh error bergerak sendiri perlu Anda coba. Cara yang bisa Anda coba, mulai dari urutan yang paling mudah.

Berikut ini adalah 10 Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri yang bisa diikuti satu per satu mulai dari yang pertama terlebih dahulu.

1. Restart HP

Jika layar hp bergerak sendiri secara tiba-tiba, ada kemungkinan masalah tersebut akibat glitch atau error pada sistem. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba restart terlebih dahulu. Dengan merestart hp tersebut, maka sistem akan dimuat ulang untuk menghilangkan “error ringan” pada hp Anda.

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu tekan dan tahan tombol power. Selanjutnya, pilih opsi Restart/Reboot. Cara ini juga bisa Anda coba sebagai langkah awal untuk mengatasi layar hp yang bergaris.

2. Lakukan Reboot

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri yang sangatlah sederhana, Anda bisa mencoba untuk merestart perangkat yang sedang error. Cara ini bertujuan untuk mengistirahatkan hp sejenak setelah digunakan dalam waktu cukup lama. Kemungkinan masalah ghost touch tersebut terjadi akibat smartphone bekerja di luar batasnya sehingga mengalami error atau overheat.

3. Cek dan Bersihkan Pelindung Layar

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri selanjutnya Memilih menggunakan pelindung layar pada hp memang penting. Sesuai dengan namanya, benda ini akan menjadi pelindung layar dari goresan yang bisa menyebabkan berkurangnya sensitifitas layar. Tak hanya itu, namun juga bisa melindungi layar LCD ponsel dari debu, kotoran, serta paparan sinar matahari.

Meski Anda baru saja memasangnya pada ponsel baru, namun pastikan selalu menjaga kebersihannya. Apalagi setelah penggunaan hp dalam jangka waktu tertentu juga bisa mengakibatkan layar bergerak sendiri. Untuk itu, tidak ada salahnya membersihkan bagian pelindung layar tersebut.

4. Bersihkan Komponen Layar

Cara mengatasi layar hp gerak sendiri dengan membersihkan komponen layar. Jika sudah bisa membongkar layar, akan lebih baik turut membersihkan komponennya. Misalnya seperti fleksibel LCD serta komponen layar yang lainnya. Meski jarang terjadi, namun komponen layar yang kotor bisa mengakibatkan bergerak sendiri tanpa disentuh. Saat merasa kesulitan untuk membongkarnya, akan lebih baik datang ke service center HP saja untuk meminimalisir kerusakan.

5. Dinginkan HP Sementara

Selanjutnya Anda merasa merasakan suhu hp panas (overheat), maka perlu segera mendinginkan hp tersebut terlebih dahulu. Sebab, masalah overheat ini bisa menurunkan kinerja seluruh komponen HP atau menyebabkan error, termasuk masalah layar hp bergerak sendiri.

Bahkan pada jangka waktu tertentu, bukan hanya bergerak sendiri, panas ini juga bisa mengakibatkan masalah lainnya yang lebih berat. Jika ingin mendinginkannya, Anda bisa restart atau mematikan HP sementara waktu. Kemudian diamkan selama beberapa menit hingga suhu HP kembali normal.

6. Pastikan Charger HP Sesuai

Biasanya setiap charger memiliki tegangan output yang berbeda-beda. Cara mengatasi layar hp gerak sendiri, maka perlu menggunakan charger HP yang sesuai, terutama charger original. Sebab, jika Anda menggunakan charger dengan tegangan output yang tidak sesuai, kemungkinan akan memicu masalah pada hp, seperti layar yang bergerak sendiri. Bahkan yang paling parah bisa merusak IC dari perangkat tersebut.

Jika charger ori sudah rusak, maka perlu membeli charger dengan tegangan output yang sama. Pastikan kualitas chargernya cukup baik agar tidak mudah rusak.

7. Periksa Kapasitas RAM

Untuk memperbaiki touchscreen ghost touch yang tidak berfungsi dengan baik, Anda bisa mencoba  mengecek kapasitas RAM pada smartphone. Sebab, masalah tidak hanya terjadi pada bagian hardware, namun kemungkinan lain pada software-nya. Anda bisa memeriksa kapasitas RAM pada hp apakah masih longgar atau  tidak. Jika touchscreen pada hp tidak berfungsi dengan baik ataupun tidak responsif saat menggunakannya Mungkin hal tersebut terjadi akibat kapasitas RAM pada hp yang sudah terlalu penuh.

Pada umumnya hp Android menjadi salah satu platform yang membutuhkan banyak kapasitas memori. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba cek RAM hp android. Saat sudah terlalu penuh, akan lebih baik hapus aplikasi yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan. Kapasitas RAM pada hp Anda sedikit longgar, maka touchscreen juga berjalan dengan baik serta responsif. Hal ini tentunya sangat efektif untuk menerapkan cara mengatasi layar hp gerak sendiri.

8. Factory Reset

Cara mengatasi layar hp selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan me-reset hp. Mungkin cara ini bisa membuat hp Anda kembali pada tampilan default. Sebelum Anda melakukan upgrade pada sistem, perlu memastikan melakukan backup pada semua file yang terdapat pada hp. Bagi Anda yang akan mencobanya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, buka menu pengaturan atau setting.
  • Selanjutnya pilih setelan tambahan.
  • Kemudian pilih buat cadangan dan reset.
  • Setelah itu, pilih tap “hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat dibongkar”, lalu selesai.

9. Kalibrasi Baterai

Cara mengatasi layar hp gerak sendiri berikutnya yakni dengan melakukan kalibrasi baterai. Ternyata hal sepele seperti ini juga bisa mengakibatkan masalah seperti touchscreen error dan jumping. Pada saat daya baterai sudah melemah kinerja dari perangkat lain pun juga mengalami penurunan.

Namun jika daya pada baterai tersebut masih banyak dan layar sentuh masih bergerak sendiri, ada kemungkinan bahwa komponen baterai sudah waktunya Anda ganti. Usia baterai yang sudah mencapai batasnya tentu juga mempengaruhi performa pada hp.

10. Bawa ke Service Center

Jika layar hp masih bergerak sendiri setelah mencoba banyak cara, kemungkinan ada masalah pada hardware layar hp Anda. Untuk itu, Anda perlu mengganti layar touchscreen dengan yang baru. Anda bisa menuju ke service center terdekat untuk memperbaikinya serta menyiapkan sejumlah biaya untuk perbaikan hp tersebut. Biaya ganti layar hp sendiri bisa bervariasi, tergantung dari merk HP, tingkat kerusakan, serta lokasi service centernya.

Jika masalah yang terjadi akibat bug pada sistem, Anda masih bisa mencoba cara mengatasi layar hp gerak sendiri. Namun, jika masalah terdapat pada komponen layar atau touchscreen, maka mau tidak mau Anda harus membawanya ke tempat servis hp.